Suatu usaha bisnis pasti tidak akan lepas hubungannya dengan yang namanya
konsumen. Dimana pelaku usaha atau penjual akan memberikan layanan jasa atau
produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Imbal balik yang akan diberikan oleh
konsumen kepada penjual nantinya berupa keuntungan, baik dalam hal materi
maupun barang. Jika Anda bergerak di bidang usaha yang menjual suatu produk,
tentu konsumen akan menghargai produk Anda dengan pundi-pundi uang yang akan
menjadi sumber keuntungan Anda. Untuk itu dalam suatu usaha penting sekali
kemampuan atau strategi untuk menarik minat pelanggan. Tentu Anda harus
memiliki trik tersendiri agar calon konsumen Anda tertarik dan akhirnya membeli
produk jasa yang Anda tawarkan. Jangan sampai karena Anda kurang strategi,
calon konsumen berpaling ke kompetitor Anda lainnya.

Memenangkan hati konsumen memang bukan hal yang mudah,
mengingat karakter masing-masing konsumen sangatlah berbeda-beda. Namun
bukanlah hal yang susah jika Anda mau berusaha. Berikut ini ada beberapa tips
yang bisa Anda lakukan agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang Anda
jual:
- Mencari terlebih dahulu keunikan dalam produk Anda.
Cari tahu
terlebih dahulu keunikan dan ciri khas produk yang Anda miliki dibandingkan
dengan produk serupa yang ada di pasaran saat ini. Anda bisa melihat dari segi
spesifikasi, tampilan, dlsb. Jangan hanya mengikuti arus dengan membuat produk
maupun jasa yang Anda jual sama atau mirip dengan kompetitor Anda lainnya. Cobalah
untuk menciptakan sesuatu hal yang baru yang sesuai dengan karakter produk yang
Anda miliki. Dengan memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, bisa dipastikan
produk Anda akan memiliki nilai lebih tersendiri di mata konsumen. Jangan lupa
sampaikan juga tujuan utama yang ingin dipenuhi lewat produk yang Anda jual.
- Konsisten dalam memberi informasi.
Agar bisnis Anda berjalan lancar,
berikan informasi yang konsisten kepada konsumen. Karena konsumen tentu tidak
mau jika diberi informasi untuk produk yang sama dengan berbeda-beda setiap
harinya. Hal ini juga dimaksudkan untuk menciptakan kepercayaan konsumen
terhadap produk yang Anda jual.
- Menggunakan testimoni.
Testimoni
juga akan menambah kepercayaan konsumen untuk menjatuhkan pilihan pada produk
yang Anda jual. Terkadang karena adanya testimoni, konsumen tidak memerlukan
waktu untuk berpikir dua kali untuk membeli produk yang Anda jual. Anda bisa
minta konsumen-konsumen Anda yang merasa puas dengan produk Anda untuk
melakukan ulasan atau review produk yang Anda jual. Setelah mendapatkan
testimoni konsumen tersebut, Anda bisa menampilkannya dalam akun promosi Anda,
seperti sosial media, website, atau pada produk kemasan.
- Pahami konsumen Anda.
Mengingat bisnis yang Anda jalankan sangat bergantung dengan konsumen, Anda harus
memahami karakter konsumen yang beragam. Anda bisa menggunakan teknik soft
selling agar timbul keakraban dengan konsumen. jika keakraban sudah tercipta,
konsumen akan nyaman dan tak ragu untuk men jadi pelanggan setia Anda.
EmoticonEmoticon